Sistem Operasi DOS / MS-DOS

250px-Msdos622MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasarmainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.

MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

Perintah Internal ( Internal Command ) yaitu perintah yang secara default telah ada dalam sistem DOS, perintah tersebut yaitu :

 Contoh sintak: dir c:, menampilkan daftar file pada drive c:
  • del, untuk menghapus satu atau beberapa file
 Contoh sintak: del file.txt, menghapus file.txt pada direktori aktif
  • copy, untuk menyalin file dari satu direktori ke direktori lainnya
 Contoh sintak: copy a:file.txt c:file.txt, menyalin file.txt dari drive a: ke c:
  • ren, untuk mengganti nama file
 Contoh sintak: ren file1.txt file2.txt, mengubah nama file1.txt menjadi file2.txt
  • ver, menampilkan versi dari MS-DOS
  • date , menampailkan tanggal komputer
  • time ,menampilkan jam komputer

Perintah External ( External Command ) yaitu perintah yang akan di kerjakan oleh DOS menggunakan file di luar sistem DOS default.

contoh : FORMAT, LABEL, XCOPY, DISKCOPY