Cara sederhana merekam Text To Speech

dubbing voice

Bagi kita yang tidak terbiasa berbicara di depan mic apalagi membuat sebuah percakapan yang bagus untuk di rekam karena suara jelek atau gak PeDe bisa sangat mengganggu pada sebuah kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan kita yang memang menuntut untuk membuat suara rekaman, misalnya adalah seorang youtube creator dalam membuat video dokumenter… dalam video ini memerlukan sebuah penjelasan lisan sebagai pendukung video. Nah kali ini ane kasih sebuat trik bagaimana memanfaatkan sebuah fitur Text To Speech sebagai pengisi suara dengan cara membaca teks yang kita tulis secar otomatis.
Cara merekam suara dari Text To Speech online sangatlah mudah, alat yang perlu disiapkan adalah :
1. OS Windows ( ane pake Win7 )  dan Sambungan internet
2. Aplikasi Audacity Download disini
3. Plugin Libmp3 LAME ( file lame_enc.dll ) Download disini

Google memiliki sebuah API ( Aplication Program Interface ) untuk merubah text menjadi suara yang telah di integrasikan kedalam google translate.
namun menggunakan gooogle translate ane rasa kurang enak, soalnya susah di otak-atik… biar gampang kita pilih situs pihak ketiga yang sudah terintegrasi dengen API TextToSpeech milik google yang khusus untuk suara bahasa indonesia yaitu http://responsivevoice.org
Langkah-langkah merekamnya :
1. Siapkan teks yang akan di rubah menjadi suara
2. Buka browser ( Chrome , Recomended ) atau terserah pake browser lain jg bisa. dan langsung aja buka situs http://responsivevoice.org

2 responsivevoice
3. Buka Aplikasi Audacity
hapalkan tombol RECORD,STOP,PLAY dan SELECTION TOOL ( ane kira gampang dah kalo ini.. )

audacity interface
Atur settingan input untuk Audio Host pilih Windows WASAP, Output Device pilih SPEAKER, input channel pilih MONO.

audacity input set
4. Copy teks yang udah di siapin tadi
5. Dari situs http://responsivevoice.org paste lah teks tadi ke dalam kolom Text Box.

paste
6. Kembali ke Audacity, klik tombol RECORD

REC BEGIN
7. Kembali ke situs http://responsivevoice.org Klik tombol PLAY dan tunggu sampai suara pembacaan teks muncul,biarin aja si Mbaknya baca….. setelah itu kembali ke Audacity lagi.

start rec
Lihatlah pada Track proses perekaman sedang berlangsung, tunggu sampai si Mbak selesai baca teks. Jika pembicaraan sudah selesai… klik tombol STOP.
8. Masih di Audacity…. sekarang kita edit pada track terutama pada bagian yg kosong… alias space yg gak ada suaranya. biasanya space di awal dan akhir cuma muncul garis horisontal panjang.. itu tandanya space kosong gak ada suara.
cara membuang space kosong :

blocking area
Pilih Selection Tool ( biasanya udh default cursor mouse jadi selection ), silahkan Blok space yang kosong pake mouse sampai batas yang di inginkan, kalo udah tinggal delete pake tombol del di kibot… ( simpel kan.. 🙂
Silahkan buang space kosong yg di rasa gak perlu atau terlalu panjang sesuai keinginan agan.
9. Saatnya menyimpan suara hasil rekaman. Dari menu File pilih Export…. Beri nama File nya dan File type default adalah WAV…. Klik tombol SAVE

export
dan isi meta data nya,

export 2 metadata

kalo gak mau di isi dah klik OK aja…. Selesai.

Silahkan cek file hasil rekaman tadi, dan coba jalankan pake winamp atau music player lainnya..

Tips :

Audacity secara standard akan mengeksport file menjadi WAV bukan mp3, agar bisa menjadi mp3 maka di butuhkan plugin mp3 dari LAME ( link donlot dah ada di atas ya gan.. )

hasil donlot Lame tadi silahkan di extract, hasil extract carilah file  lame_enc.dll, copy file tsb dan paste ke folder tempat installan Audacity.

saat mengeksport rekaman menjadi MP3 nanti akan di minta menunjukan file plugin  lame_enc.dll, silahkan arahkan ke file tersebut… kalo cocok maka seterusnya akan otomatis kita bisa menyimpan menjadi mp3.

Contoh hasil kerja ane yg sederhana :

Sekian tutorial singkat ini, semoga bermanfaaat bagi rekan-rekan terutama member Fb : Youtube Cash Machine || Youtube Partner Indonesia

Salam youtuber.